Oleh Syaikh Abdullah bin Umar al Adni
Terkait banyaknya pro-kontra soal boleh tidaknya memberikan selamat
natal - terutama bagi yang pro banyak merujuk kepada fatwa Syaikh Yusuf
Al-Qaradhawi - berikut kami paparkan alasan-alasan yang menolak fatwa
bolehnya memberikan Selamat Natal tersebut, silahkan menyimak bantahan
yang disampaikan oleh Syaikh Abdullah bin Umar al Adni (lengkapnya bisa
dilihat di http://www.olamayemen.com/show_art4.html):
......
ورضي الله عن علي إذ يقول ( لو كان الدين بالرأي لكان مسح أسفل الخف أولى من أعلاه ) .
Semoga Allah melimpahkan ridho-Nya kepada Ali yang pernah
mengatakan, “Seandainya dasar dalam beragama adalah akal pikiran tentu
lebih layak mengusap bagian bawah sepatu dari pada bagian atasnya”.
ومن هذا القبيل فتوى القرضاوي الزائغة في جواز تهنئة
الكفار في أعيادهم معرِضاً وغير مبالي بالأدلة الكثيرة من الكتاب والسنة
وأقوال سلف الأمة وكلام أهل العلم المتواتر من أهل التفسير والحديث والفقه
ما كان إجماعاً لايجوز الخروج عنه ومخالفته .
Di antara fatwa Syaikh Yusuf al Qardhawi yang "menyimpang" adalah
fatwa beliau tentang bolehnya memberikan ucapan selamat hari raya kepada
orang kafir.
Dengan fatwa ini, beliau tidak ambil pusing dan tidak
peduli dengan berbagai dalil yang banyak berupa ayat al Qur’an, sunah,
perkataan para ulama salaf dan perkataan para ulama yang sangat banyak
baik dari kalangan pakar tafsir, hadits maupun fiqh. Bahkan hal ini
telah menjadi ijma ulama yang kita tidak boleh keluar dan
menyelisihinya.
فمن أدلة الكتاب الكثيرة قول الله تعالى
{وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ
مَرُّوا كِرَامًا} (72) سورة الفرقان
Di antara dalil berupa ayat al Qur’an yang sebenarnya banyak adalah firman Allah yang artinya, “Dan
orang-orang yang tidak menyaksikan kebatilan dan jika mereka melewati
sesuatu yang sia-sia mereka lewat sebagaimana layaknya orang-orang yang
mulia” (QS al Furqon:72).
, وعن ابن عباس و مجاهد والربيع بن أنس وعكرمة
والضحاك قالوا هو ( أعياد المشركين ) رواها الخلال في جامعه ونحوه ابن
جرير و القرطبي في تفسيريهما وأبو الشيخ الأصبهاني
Ibnu Abbas, Mujahid, ar Rabi’ bin Anas, Ikrimah dan al Dhahhak
mengatakan bahwa yang dimaksud dengan azzuur atau kebatilan adalah hari
raya orang-orang musyrik. Keterangan para pakar tafsir di atas
diriwayatkan dengan bersanad oleh al Khallal dalam kitabnya al Jami’.
Riwayat-riwayat serupa juga dibawakan oleh Ibnu Jarir dan al Qurthubi
dalam kitab tafsir keduanya. Demikian pula Abu Syaikh al Ashfahani.
وعن عمرو بن مرة (لا يشهدون الزور قال لا يمالئون أهل الشرك على شركهم ولا يخالطونهم ) ونحوه عن عطاء بن يسار والتهنئة من الممالئة
.
Dari Amr bin Murrah tentang makna ayat, “Mereka itu tidak ikut
menyaksikan kebatilan” adalah “Mereka tidak memberi dukungan kepada
pelaku kemusyrikan ketika mereka melakukan kemusyrikan dan tidak pula
berbaur bersama mereka ketika itu”. Penjelasan serupa juga disampaikan
oleh Atha bin Yasar. Ucapan selamat hari raya itu termasuk dukungan.
ومن السنة الكثيرة ما رواه أبو داود وغيره بإسناد
حسن عن أنس رضي الله عنه قال قدم رسول الله r المدينة ولهم يومان يلعبون
فيهما فقال ما هذان اليومان قالوا كنا نلعب فيهما في الجاهلية فقال رسول
الله r { إن الله قد أبدلكم بهما خيراً منهما يوم الأضحى ويوم الفطر }
Di antara dalil dari sunah adalah hadits yang diriwayatkan oleh
Abu Daud dan yang lainnya dengan sanad yang berkualitas hasan dari Anas.
Anas mengatakan bahwa ketika Rasulullah tiba di kota Madinah penduduk
Madinah memiliki dua hari raya yang mereka isi dengan berbagai
permainan. Nabi bertanya, “Dua hari apa ini?”. Mereka menjawab, “Kami
biasa bermain pada dua hari ini di masa jahiliyyah”.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah telah mengganti dua hari tersebut dengan dua hari yang lebih baik yaitu Idul Adha dan Idul Fitri”.
وقد أبطل النبي r كل الأعياد إلا هذين العيدين , فكيف يهنى الكفار في أعياد باطلة.
Dalam hadits ini Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menghapus
semua bentuk hari raya selain dua hari raya Islam lalu bagaimana mungkin
diperbolehkan mengucapkan selamat hari raya kepada orang kafir
berkenaan dengan hari raya mereka yang telah dihapus oleh Islam.
ومن كلام السلف ما سبق من تفسير الآية وفي كتاب عمر t
إلى أهل الذمة الذي تلقته الأمة بالقبول فهو إجماع المسلمين الأولين
والآخرين وهو قول الخليفة الثاني من الخلفاء الراشدين وفيه نهي أهل الذمة
عن إظهار شيء من أعيادهم وانظر إلى تعليق وشرح الإمام ابن القيم رحمه الله
له في أحكام أهل الذمة (2/659) .
Di antara perkataan para ulama salaf dalam masalah ini adalah para
salaf yang menafsirkan ayat di atas. Demikian pula surat Umar untuk para
kafir dzimmi yang telah diterima oleh seluruh umat Islam sehingga isi
surat Umar tersebut adalah ijma seluruh kaum muslimin baik yang hidup di
masa silam ataupun masa sesudahnya. Surat tersebut adalah perkataan
khalifah kedua dari empat khulafaur rasyidin. Di antara isi surat
tersebut adalah larangan bagi kafir dzimmi untuk menampakkan syiar hari
rayanya. Bacalah penjelasan dan komentar Imam Ibnul Qoyyim untuk surat
Umar tersebut di buku beliau, Ahkam Ahli Dzimmah 2/659.
وعن عمر t قال ( اجتنبوا أعداء الله في عيدهم ) رواه
البيهقي باب كراهة الدخول على أهل الذمة في كنائسهم والتشبه بهم يوم
نيروزهم ومهرجانهم بإسناده عن البخاري صاحب الصحيح يصل به إلى عمر t .
والنيروز :عيد القبط في مصر وهو أول يوم في السنة القبطية ويسمى بيوم ( شم النسيم ) .
والنيروز :عيد القبط في مصر وهو أول يوم في السنة القبطية ويسمى بيوم ( شم النسيم ) .
Umar berkata, “Jauhilah orang-orang kafir saat hari raya mereka”
[Diriwayatkan oleh al Baihaqi di bawah judul bab ‘terlarangnya menemui
orang kafir dzimmi di gereja mereka dan larangan menyerupai mereka pada
hari Nairuz dan perayaan mereka’ dengan sanadnya dari al Bukhari,
penulis kitab Sahih Bukhari sampai kepada Umar].
Nairuz adalah hari raya orang-orang qibthi yang tinggal di Mesir.
Nairuz adalah tahun baru dalam penanggalan orang-orang qibthi. Hari ini
disebut juga Syamm an Nasim.
فإذا أُمِرَنا بإجتناب أعيادهم ومُنِعُوا من إقامة أعيادهم فكيف يجوز تهنئتهم !!!.
Jika kita diperintahkan untuk menjauhi hari raya orang kafir dan
dilarang mengadakan perayaan hari raya mereka lalu bagaimana mungkin
diperbolehkan untuk mengucapkan selamat hari raya kepada mereka.
وأما كلام أهل العلم المتواتر فقد سبق بعض ذلك ونحوه
كثير في كتب التفسير والفقه والحديث مما يصعب جمعه خصوصاً في تفسيرهم
وشرحهم وتعليقهم على الأدلة الكثيرة في هذا الباب .
Sedangkan penjelasan para ulama yang demikian banyak, sebagian
perkataan mereka telah dikutip di atas. Perkataan yang senada sangat
banyak, terdapat di buku-buku tafsir, fiqh dan hadits sehingga tidaklah
mudah mengumpulkannya terutama ketika para ulama menjelaskan,
menafsirkan dan memberi komentar terhadap berbagai dalil yang ada dalam
masalah ini.
ومما يضاف تأكيداً ما ذكره الخلال في جامعه قال
“بابٌ في كراهة خروج المسلمين في أعياد المشركين” … ألخ . فكيف بعد هذا
يجوز أن نهنئ المشركين في أعيادهم الباطلة .
Sebagai penguat tambahan adalah judul bab yang dibuat oleh al Khalal
dalam kitabnya al Jami. Beliau mengatakan, “Bab terlarangnya kaum
muslimin untuk keluar rumah pada saat hari raya orang-orang musyrik…”.
Setelah penjelasan di atas bagaimana mungkin kita diperbolehkan untuk
mengucapkan selamat kepada orang-orang musyrik berkaitan dengan hari
raya mereka yang telah dihapus oleh Islam.
ونقل شيخ الإسلام رحمة الله تعالى في كتابه ”
الإقتضاء 1/454″ اتفاق الصحابة وسائر الفقهاء على ما جاء في شروط عمر t أن
أهل الذمة من أهل الكتاب وغيرهم لا يظهرون أعيادهم … فإذا كان المسلمون قد
اتفقوا على منعهم من إظهارها فكيف يسوغ للمسلمين فعلها فإن فعل المسلم أشد
من فعل الكافر … أهـ بمعناه .
Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah dalam bukunya, al Iqtidha’ 1/454
menukil adanya kesepakatan para sahabat dan seluruh pakar fikih terhadap
persyaratan Umar untuk kafir dzimmi. “Di antaranya adalah kafir
dzimmi baik ahli kitab maupun yang lain tidak boleh menampakkan hari
raya mereka… Jika kaum muslimin telah bersepakat untuk melarang orang
kafir menampakkan hari raya mereka lalu bagaimana mungkin seorang muslim
diperbolehkan untuk menyemarakkan hari raya orang kafir. Tentu
perbuatan seorang muslim dalam hal ini lebih parah dari pada perbuatan
orang kafir..”.
وقال تلميذه الامام ابن القيم رحمه الله في ” أحكام
أهل الذمة (2/722)” في سياق كلامه على أعياد المشركين “وكما أنهم لا يجوز
لهم إظهاره فلا يجوز للمسلمين ممالاتهم عليه ولا مساعدتهم ولا الحضور معهم
بإتفاق أهل العلم الذين هم أهله وقد صرح به الفقهاء من أتباع الأئمة
الأربعة في كتبهم”
Sedangkan murid Ibnu Taimiyyah yaitu Ibnul Qoyyim dalam Ahkam Ahli
Dzimmah 2/722 ketika membahas hari raya orang-orang musyrik mengatakan, “Sebagaimana
mereka tidak diperbolehkan menampakkan (baca:menyemarakkan) hari
rayanya maka tidak boleh bagi kaum muslimin untuk menyokong dan membantu
mereka, tidak pula menghadiri perayaan hari raya mereka. Ini adalah
kesepakatan para ulama yang merekalah pakar dalam masalah ini. Hal ini
pun telah ditegaskan oleh para ulama empat mazhab dalam buku-buku
mereka”.
ومن كلام أهل العلم في ذلك ما ذكره صاحب الدر
المختار علاء الدين الحصكفي (6/754) “والإعطاء باسم يعظمه المشركون يكفر”
ثم ذكر نقلاً عن أبي حفص الكبير في عدم جواز الأخذ والعطاء والإهداء
والشراء باسم أيام المشركين فإنه قد يوقع في الكفر بتعظيم هذا العيد” أهـ
بمعناه
Di antara perkataan para ulama dalam masalah ini adalah perkataan
penulis kitab al Durr al Mukhtar yaitu ‘Ala-uddin al Hashkafi 6/754, “Memberi
sesuatu dengan atas nama sesuatu yang diagungkan oleh orang-orang
musyrik itu merupakan perbuatan kekafiran”. Kemudian beliau menyampaikan
perkataan Abu Hafsh al Kabir yang “tidak membolehkan mengambil atau
memberi suatu barang, demikian pula menghadiahkan atau membeli atas nama
hari raya orang musyrik. Seorang muslim yang melakukannya boleh jadi
terjerumus dalam kekafiran karena mengagungkan hari raya orang musyrik”.
وذكر في البحر الرائق (8/55) “أن من أهدى بيضةً في أعياد المشركين تعظيماً للعيد كفر بالله جلَّ وعلا ”
Dalam kitab al Bahr al Ra-iq 8/55, “Siapa yang menghadiahkan
sebutir telur kepada seseorang pada hari raya orang musyrik karena
mengagungkan hari raya orang kafir maka dia telah kafir kepada Allah”.
وذكر صاحب عون المعبود (3/341) ” عن القاضي أبي
المحاسن الحسن بن منصور الحنفي أن من اشترى فيه شيئاً لم يكن يشتريه في
غيره أو أهدى فيه هدية فإن أراد بذلك تعظيم اليوم كما يعظمه الكفره فقد كفر
وإن أراد بالشراء التنعم والتنزه وفي الإهداء التحاب جرياً على العادة لم
يكن كفراً لكنه كان مكروه كراه التشبه بالكفرة فحينئذٍ يحترز عنه”
Penulis kitab ‘Aun al Ma’bud 3/341 menyebutkan dari “al Qadhi Abul
Mahasin al Hasan bin Manshur al Hanafi bahwa siapa saja yang pada saat
hari raya orang kafir membeli sesuatu yang biasanya tidak dia beli di
hari-hari yang lain atau memberikan hadiah pada hari tersebut maka jika
maksudnya dengan hal tersebut adalah mengagungkan hari raya orang kafir
sebagaimana pengagungan orang-orang kafir maka dia menjadi kafir
karenanya.
Namun jika maksudnya dengan membeli barang tersebut pada waktu itu
adalah ingin mengambil manfaat barang tersebut dan maksud hatinya dengan
memberi hadiah adalah mewujudkan rasa cinta sebagaimana biasanya maka
tidak kafir akan tetapi terlarang karena menyerupai orang kafir.
Karenanya hal ini harus dijauhi”.
ونقل شيخ الإسلام عن عبد الملك بن حبيب أن الإمام مالك رحمه الله كره وحرم الأكل من ذبائح أعياد المشركين من النصارى وغيرهم .
Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah membawakan perkataan Abdul Malik bin
Habib bahwa Imam Malik membenci dan mengharamkan memakan sembelihan
dalam rangka hari raya orang musyrik baik Nasrani ataupun yang lainnya.
ونقل عن ابن القاسم النهي عن مشاركة المشركين في
الركوب في السفن التي توصل إلى عيدهم أو أن يعانوا بأي أنواع المعونة وأنه
قول مالك” إنتهى مختصراً “الإقتضاء” .
I
bnu Taimiyyah juga mengutip perkataan Ibnul Qosim yang melarang
seorang muslim satu kapal dengan orang-orang musyrik yang akan
mengantarkan mereka ke tempat perayaan hari raya mereka. Demikian pula
seorang muslim dilarang memberikan bantuan apapun untuk kegiatan hari
raya orang musyrik. Kata Ibnul Qosim hal ini adalah pendapat Imam Malik.
Sekian kutipan dari kitab al Iqtidha dengan sedikit peringkasan.
وذكر البيهقي رحمه الله في “سننه” باباً في النهي عن الدخول على أهل الذمة وغيرهم في أعيادهم وذكر آثاراً سبقت الإشارة إليها .
Al Baihaqi dalam kitabnya As Sunan mengatakan ‘bab terlarangnya
menemui orang kafir dzimmi atau yang lain saat hari raya mereka’. Beliau
lantas menyebutkan beberapa perkataan ulama salaf yang telah disebutkan
di atas.
وذكر الحافظ ابن حجر حديث أنس المتقدم في الإكتفاء
بعيدي الفطر والأضحى بعد أن ذكر أنه روي بإسناد صحيح , قال واستنبط منه
كراهة الفرح في أعياد المشركين والتشبه بهم وبالغ الشيخ أبو حفص الكبير
النسفي من الحنفية فقال : “من أهدى فيه بيضة إلى مشرك تعظيماً لليوم فقد
كفر بالله تعالى”(2/442) ,
Al Hafiz Ibnu Hajar setelah menyebutkan hadits dari Anas di atas
tentang mencukupkan diri dengan dua hari raya yaitu Idul Fitri dan Idul
Adha dan setelah mengatakan bahwa sanad hadits tersebut berkualitas
sahih beliau mengatakan, “Bisa disimpulkan dari hadits tersebut larangan
merasa gembira saat hari raya orang musyrik dan larangan menyerupai
orang musyrik ketika itu. Bahkan Syeikh Abu Hafsh al Kabir al Nasafi
seorang ulama mazhab Hanafi sampai berlebih-lebihan dalam masalah ini
dengan mengatakan, ‘Siapa yang menghadiahkan sebutir telur kepada orang
musyrik pada hari itu karena mengagungkan hari tersebut maka dia telah
kafir kepada Allah” (Fathul Bari 2/442).
وذكر المناوي في “فيض القدير” (4/511) حديث أنس ثم
ذكر النهي عن تعظيم يوم عيد المشركين وأن من عظمه لليوم كفر وكلاماً بمعناه
. إنتهى بتصرف.” .
Dalam Faidh al Qadir 4/551, setelah al Munawi menyebutkan hadits dari
Anas kemudian beliau menyebutkan terlarangnya mengagungkan hari raya
orang musyrik dan barang siapa yang mengagungkan hari tersebut karena
hari itu adalah hari raya orang musyrik maka dia telah kafir.
فبعد هذا كيف يجوز لمسلم القول بجواز تهنئة الكفار في أعيادهم فضلاً عمن ينتسب إلى العلم كالقرضاوي فماذا بعد الحق إلا الضلال !! .
فاحذر أخي المسلم – رحمك الله – من دعاة السوء والضلال الذين حذّر منهم النبي rوأنهم يكونون في آخر الزمان كما في حديث حذيفة في الصحيحين.
فاحذر أخي المسلم – رحمك الله – من دعاة السوء والضلال الذين حذّر منهم النبي rوأنهم يكونون في آخر الزمان كما في حديث حذيفة في الصحيحين.
Setelah penjelasan di atas, bagaimana mungkin boleh bagi seorang
muslim untuk mengatakan bolehnya mengucapkan selamat hari raya kepada
orang-orang kafir terlebih-lebih seorang muslim yang dinilai berilmu
semisal Syaikh Yusuf al Qardhawi.
Waspadalah saudaraku dengan dai jahat yang mendakwahkan kesesatan.
Nabi telah mengingatkan kita dengan adanya orang-orang semacam itu di
akhir zaman nanti sebagaimana dalam hadits dari Hudzaifah yang terdapat
dalam Sahih al Bukhari dan Sahih Muslim.
واعلم – رحمك الله – أن دعاة الضلال يستدلون بأدلة
ويلبسون بشبه ولهذا أُمِرنا باعتزالهم لا لعجز أهل الحق في الرد عليهم ولكن
حفظاً على سلامة عامة المسلمين فالقلوب ضعيفة والشبهة خطافة .
Sadarilah bahwa para penyeru kesesatan tentu membawakan berbagai
alasan dan mengkaburkan permasalahan dengan berbagai kerancuan
pemikiran. Oleh karena itu kita diperintahkan untuk menjauhi mereka
bukan karena pembela kebenaran tidak mampu memberikan bantahan akan
tetapi dalam rangka menjaga keselamatan agama umumnya kaum muslimin.
Hati itu lemah sedangkan kerancuan pemahaman itu demikian kuat
menyambar.
ويجمل ما استدل به القرضاوي في فتواه بثلاثة أمور :
الأول : استدلاله بعمومات وإجمالات لا يصح الإستدلال بعمومها ومجملها مع ما ورد من النصوص الخاصة ما يمنع هذا العموم والإجمال مما سبق الإشارة إليه من أدلة الكتاب والسنة وأقوال سلف الأمة وكلام أهل العلم المتواتر من أهل التفسير والحديث والفقه , بل هذه طريقة أهل البدع فهم الذين يعارضون النصوص الصريحة الخاصة بالأدلة العامة والمجملة كما روي ذلك عن الإمام أحمد –رحمه الله تعالى – وحذر منه
الأول : استدلاله بعمومات وإجمالات لا يصح الإستدلال بعمومها ومجملها مع ما ورد من النصوص الخاصة ما يمنع هذا العموم والإجمال مما سبق الإشارة إليه من أدلة الكتاب والسنة وأقوال سلف الأمة وكلام أهل العلم المتواتر من أهل التفسير والحديث والفقه , بل هذه طريقة أهل البدع فهم الذين يعارضون النصوص الصريحة الخاصة بالأدلة العامة والمجملة كما روي ذلك عن الإمام أحمد –رحمه الله تعالى – وحذر منه
Secara umum dalam fatwanya al Qardhawi membawakan tiga jenis alasan.
Pertama, dalil-dalil yang bersifat umum dan global
padahal tidak boleh beralasan dengan dalil yang bersifat umum dan global
ketika ada dalil khusus yang membatasi dalil yang umum dan menjelaskan
dalil yang masih global. Itulah dalil-dalil yang telah kita sebutkan di
atas berupa dalil al Qur’an, sunah, perkataan salaf dan perkataan para
ulama yang demikian banyak baik dari kalangan pakar tafsir, hadits
maupun fikih.
Bahkan metode ini adalah metode yang sering ditempuh oleh ahli
bid’ah. Merekalah orang yang suka mempertentangkan dalil-dalil khusus
dan tegas dengan dalil-dalil yang bersifat umum dan global sebagaimana
yang dikatakan dan diingatkan oleh Imam Ahmad.
فمن الأدلة العامة والمجملة التي استدل بها قول الله
تعالى {لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي
الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُم مِّن دِيَارِكُمْ أَن تَبَرُّوهُمْ
وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ } (8) سورة
الممتحنة
Di antara dalil umum dan global yang beliau gunakan adalah firman Allah yang artinya, “Allah
tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap
orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula)
mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang
yang berlaku adil” (QS al Mumtahanah:8).
, فجعل من ذلك تهنئة الكفار في أعيادهم مع أن الله Y يقول في أول هذه
السورة , {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا عَدُوِّي
وَعَدُوَّكُمْ أَوْلِيَاء تُلْقُونَ إِلَيْهِم بِالْمَوَدَّةِ وَقَدْ
كَفَرُوا بِمَا جَاءكُم مِّنَ الْحَقِّ } (1) سورة الممتحنة
Al Qardhawi menjadikan ucapan selamat hari raya sebagai bagian dari
berbuat baik dengan orang kafir padahal Allah berfirman di awal surat
yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu
mengambil musuh-Ku dan musuhmu menjadi teman-teman setia yang kamu
sampaikan kepada mereka (berita-berita Muhammad), karena rasa kasih
sayang; Padahal Sesungguhnya mereka telah ingkar kepada kebenaran yang
datang kepadamu” (QS al Mumtahanah:1).
, قال الشوكاني رحمه الله تعالى ( الآية تدل على النهي عن موالاة الكفار بوجه من الوجوه ) “فتح القدير 5/207″
Dalam Fathul Qadir 5/207 al Syaukani mengatakan, “Ayat ini
menunjukkan larangan memberikan loyalitas kepada orang kafir dengan
bentuk apapun”.
, وقال ابن كثير رحمه الله تعالى ( نهى تبارك وتعالى
عباده المؤمنين أن يوالوا الكافرين وأن يتخذوهم أولياء يسرون إليهم
بالمودة من دون المؤمنين ) “آية 28 سورة آل عمران “. فكيف إذا أضيف ما سبقت
الإشارة إليه.
Ketika menjelaskan QS Ali Imran:28, Ibnu Katsir mengatakan, “Allah
melarang hamba-hamba-Nya yang beriman untuk memberikan loyalitas kepada
orang-orang kafir dan menjadikan mereka sebagai teman dekat, tempat
menceritakan berbagai rahasia karena mencintai mereka dengan
meninggalkan orang-orang yang beriman”. Bagaimana jika kita tambah dengan dalil-dalil di atas.
ثانياً : استدلاله بأقيسة ضعيفة ومعارضة للنصوص
الصريحة مما دلت عليه أدلة الكتاب والسنة وأقوال سلف الأمة وكلام أهل العلم
المتواتر من أهل التفسير والحديث والفقه . ومن ذلك قياسه تهنئة الكفار
بجواز الزواج من نساء أهل الكتاب مع أن الله تعالى قال {لَا تَجِدُ قَوْمًا
يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ يُوَادُّونَ مَنْ حَادَّ
اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَوْ كَانُوا آبَاءهُمْ أَوْ أَبْنَاءهُمْ أَوْ
إِخْوَانَهُمْ أَوْ عَشِيرَتَهُمْ } (22) سورة المجادلة
Kedua, al Qardhawi beralasan dengan analog yang
lemah dan analog yang bertolak belakang dengan berbagai dalil dari al
Qur’an, sunah, perkataan para salaf dan perkataan para ulama yang
demikian banyak baik pakar tafsir, hadits maupun fikih.
Di antaranya beliau menganalogkan ucapan selamat hari raya orang
kafir dengan bolehnya menikahi wanita ahli kitab padahal Allah telah
berfirman yang artinya, “Kamu tak akan mendapati kaum yang beriman
pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang
yang menentang Allah dan Rasul-Nya, Sekalipun orang-orang itu
bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga
mereka” (QS al Mujadidlah:22).
, وقد نبه العلماء أن المحبة أقسام والمراد بجواز
النكاح ليس مودة ومحبة على حساب الأحكام الشرعية فكيف إذا انضاف ما سبقت
الإشارة إليه من عدم جواز هذه التهنئة
Para ulama telah mengingatkan bahwa rasa cinta itu ada beberapa
macam. Yang dimaksud dengan diperbolehkannya menikahi wanita ahli kitab
bukanlah karena adanya rasa cinta kepada orang kafir yang mengorbankan
hukum-hukum syariat. Bagaimana jika ditambah berbagai dalil tentang
tidak bolehnya mengucapkan selamat untuk hari raya orang kafir
sebagaimana telah disebutkan di atas.
والقياس كالتيمم إنما يلجئ إليه إذا لم يعلم الدليل
ولهذا قال الإمام أحمد ( وليس في السنة قياس ولا تضرب لها الأمثال ولا تدرك
بالعقول والأهواء وإنما هو الإتباع وترك الهوى )
Analog itu seperti tayamum, hanya dipakai jika tidak diketahui adanya
dalil dalam masalah tersebut. Oleh karena itu Imam Ahmad mengatakan,
“Tidak ada analog dalam sunah dan tidak boleh membuat berbagai
permisalan untuk membantah sunah. Sunnah tidaklah bisa dipahami dengan
akal dan hawa nafsu namun hanya bisa dipahami dengan mengikuti sunah dan
meninggalkan hawa nafsu”.
, وفي رواية الميموني عن الإمام أحمد رحمه الله ( يجتنب المتكلم في الفقه هذين الأصلين المجمل والقياس )
Dalam riwayat dari al Maimuni, Imam Ahmad mengatakan, “Seorang yang
hendak bicara tentang hukum fikih hendaknya menjauhi dua hal ini yaitu
dalil global dan analog”.
وفي رواية أبي الحارث عن الإمام أحمد رحمه الله ( قال ما تصنع بالرأي والقياس وفي الحديث ما يغنيك عنه ) “المسودة 328″
Dalam riwayat dari Abu al Harits, Imam Ahmad mengatakan, “Apa yang
akan kau lakukan dengan akal pikiran dan analog padahal hadits sudah
mencukupimu” [Kutipan-kutipan ini ada di kitab al Muswaddah hal 328).
وبوب البخاري رحمه الله في صحيحه ” باب ما يذكر من
ذم الرأي وتكلف القياس وذكر قول الله تعالى { ولا تقف ما ليس لك به علم إن
السمع والبصر والفؤاد كل أولئك كان عنه مسؤلاً }” وذكر حديث عبدالله بن
عمرو في موت العلماء وظهور علماء السوء نعوذ بالله منهم
Dalam kitab Sahihnya al Bukhari membuat judul bab, ‘bab celaan terhadap akal pikiran dan analog yang dipaksa-paksakan’.
Bukhari lantas membawakan firman Allah yang artinya, “Dan
janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan
tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu
akan diminta pertanggungan jawabnya” (QS al Isra:36). Al Bukhari
juga menyebutkan hadits dari Abdullah bin ‘Amr tentang matinya para
ulama dan munculnya para ulama yang jahat. Semoga Allah lindungi kita
dari bahaya mereka.
, فإذا كان هذا كلام أهل العلم في القياس مع وجود
الدليل فكيف إذا عورض به الدليل وكيف إذا كان من أضعف أنواع الأقيسة فإن
هذا النوع من القياس أشبه ما يكون بقياس الشبه الذي هو من أضعف أنواع
الأقيسة وهو القياس بغير علة أو دليلها ويراجع ” الإعلام لإبن القيم
1/148″.
Demikianlah perkataan para ulama tentang berdalil dengan analog
padahal ada dalil yang menyelisihi kesimpulan analog tersebut lalu
bagaimana jika analog yang dipakai adalah analog yang paling lemah.
Analog yang dipakai oleh al Qardhawi itu mirip dengan qiyas syabah
(analog karena sekedar ada kemiripan). Qiyas syabah adalah jenis qiyas
yang paling lemah karena di sini qiyas yang terjadi adalah qiyas tanpa
‘illah atau dalil ‘illah. Silahkan telaah al I’lam karya Ibnul Qoyyim
1/148.
ثالثاً : استدلالات عجيبة خارجة عن القواعد العلمية
فضلاً عن الضوابط الشرعية كقوله ( ويشبه هذا التعبير قوله تعالى في شأن
الصفا والمروة … ألخ .
Ketiga, terdapat beberapa cara berdalil yang aneh
yang keluar dari koridor ilmiah dan tentu sangat jauh dari kaedah
syariat. Di antaranya beliau mengatakan, “Ucapan selamat hari raya orang
kafir itu mirip dengan firman Allah tentang bukit Shafa dan al Marwa…”
فسبحان الله ! كيف يريد أن يجمع بين ما لا يمكن جمعه
تكثيراً للشبه واستجابةً للهوى ومسايرة للواقع وإلا فما علاقة ما أشار
إليه بتهنئة الكفار في أعيادهم
Subhanallah, bagaimana beliau berupaya untuk menyerupakan dua hal
yang tidak mungkin serupa dalam rangka untuk memperbanyak kerancuan
pemahaman, merespons hawa nafsu dan agar seiring dengan realita. Jika
bukan karena motivasi tersebut lalu apa hubungan antara pernyataannya di
atas dengan ucapan selamat hari raya orang kafir.
, وانظر – رحمك الله – إلى كلام أهل الصدق
والاستجابة والغيرة, قال ابن القيم – رحمه الله – ( معلوم أن التقاة ليست
بموالاة ولكن لما نهاهم عن موالاة الكفار اقتضى ذلك معاداتهم والبراء منهم
ومهاجرتهم بالعدوان في كل حال إلا إذا خافوا من شرهم فأباح لهم التقية
وليست التقية موالاة لهم ) “بدائع الفوائد 3/69″ فكيف بعد هذا يستدل بهذه
الاستدلالات العجيبة بما ينافي العقل والدين , لهم الله هؤلاء المتلاعبون
بدين الله .
Perhatikanlah perkataan seorang yang tulus, menyambut seruan Allah
dan seorang yang memiliki kecemburuan dengan agamanya berikut ini.
Ibnul Qoyyim mengatakan, “Taqiyyah dengan orang kafir itu tidak
termasuk loyal dengan orang kafir. Akan tetapi ketika Allah melarang
memberikan loyalitas dengan orang kafir maka konsekuensinya adalah
memusuhi dan berlepas tangan dari orang kafir serta meninggalkan mereka
karena semangat permusuhan dalam setiap keadaan kecuali jika khawatir
dengan gangguan orang kafir maka Allah bolehkan taqiyyah kepada orang
kafir pada saat itu. Taqiyyah itu bukanlah loyal dengan orang kafir” (Badai al Fawaid 3/69).
Setelah penjelasan di atas sebagaimana mungkin orang-orang yang
mempermainkan agama Allah masih saja nekad menggunakan cara-cara
berdalil yang aneh tersebut. Itulah cara berdalil yang bertolak belakang
dengan akal sehat dan agama.
Penerjemah: Ustadz Aris Munandar, SS dari situs www.muslim.or.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar